Kami kaji, kami tuliskan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 20 November 2019

Resensi Novel BUMI karya Tere Liye ~ Juriski O.W dan Sheldy Ardya P.

0 comments

Identitas Buku
Judul Buku: Bumi
Jenis Buku: Novel
Penulis: Tere Liye
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-0112-9
Tahun Terbit: Januari 2014
Tebal: 440 halaman




Sinopsis
Raib merupakan seorang gadis remaja kelas 10 SMA. Sesuai dengan namanya Raib, dia dapat menghilang.Hanya dengan menelungkupkan telapak tangan di wajahnya, Raib benar-benar tak terlihat. Raib memiliki teman dekat bernama Seli. Mereka berdua sangat akrab. Selain Seli, Raib juga memiliki teman lain bernama Ali. Pada awalnya, Ali si genius sangat menyebalkan bagi Raib, karena berbagai ulahnya yang menjengkelkan. Mulai dari kebiasaan tidak tertib Ali di Sekolah, hingga kegiatannya menciptakan benda-benda aneh untuk menguntit kegiatan keseharian Raib. Namun, ternyata Ali adalah teman petualangan yang bisa diandalkan.
Awalnya Raib tidak mengerti mengapa ia bisa menghilang, hingga akhirnya Tamus datang menghampirinya. Tamus adalah orang dari dunia lain yang mengirim si Putih (kucing) dan si Hitam (kucing)  ke rumah Raib. Si Hitam ternyata adalah suruhan Tamus untuk mengawasi Raib sejak kecil. Dan si Hitam pun juga tidak terlihat dengan orang lain kecuali Raib.
Petualangan di mulai ketika Raib, Seli, dan Ali masuk ke aula sekolah. Di tempat itu, mereka di hadang oleh Tamus dan anak buahnya. Novel ini menjelaskan bahwa di cerita ini ada empat dunia berbeda. Yaitu Bumi, Bulan, Matahari, dan Bintang. Mereka hidup di tempat yang sama, namun tidak bersentuhan sama sekali (multi-verse). Dan setiap tempat atau dimensi memiliki karakteristik yang berbeda pula.
Setelah lolos dari kejaran Tamus, Raib dan kawan-kawan tiba di sebuah rumah di kota antah berantah. Hingga pada akhirnya mereka bertemu dengan pemilik rumah yang bernama Ilo. Ilo mempunyai istri bernama Vey dan dua orang anak bernama Ily dan Ou. Keluarga ini banyak membantu Raib dan kawan-kawan dalam menjalankan petualangannya.

Kekurangan Buku Bumi:
-          Ending cerita yang menggantung, sehingga pembaca tidak bisa mengetahui secara jelas bagaimana akhir cerita petualangan Raib, Seli, dan Ali.
-          Banyak kosakata yang tidak mudah dipahami. Karena genre petualangan yang diadaptasi di dalam buku Bumi.
-          Buku hanya bisa dibaca oleh kalangan anak-anak atau remaja, dan tidak ditargetkan untuk orang dewasa.
-          Bahasa yang dipakai kurang mudah dimengerti karena pendeskripsian yang terkesan baku seperti buku-buku terjemahan.


Kelebihan Buku Bumi:
-          Perasaan atau pengalaman yang didapat ketika membaca buku Bumi seakan-akan terlibat langsung dalam permainan tokoh.
-          Terdapat banyak pesan moral yang diambil oleh pembaca di sepanjang petualangan Raib, Seli, dan Ali.
-          Alur maju yang mendominasi memudahkan pembaca mengurutkan kejadian.
-          Tema yang diusung pengarang sangat menarik, yaitu petualangan.
-          Segi penokohan yang cerdik, tokoh yang muncul sesuai alur, dan kejadian yang tidak mudah ditebak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar