ABSTRAK
Agus Zaenul Fitri. 2014. Pendidikan
Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Berawal dari maraknya kasus yang terjadi di kalangan pelajar dan
juga mahasiswa yang belum mampu mengendalikan emosi sehingga mudah sekali
terprovokasi. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui pendidikan karakter terpadu. Membangun pendidikan karakter perlu melibatkan
semua komponen yang ada. Maka dari itu buku ini bertujuan untuk memberikan
bimbingan serta arahan bagi pelajar agar dapat mendewasakan mental mereka,
selain itu juga mencerdaskan kehidupan bangsa yang tidak hanya secara akademik.
Pendidikan karakter ini memadukan dan mengoptimalkan kegiatan pendidikan
informal lingkungan keluarga dengan pendidikan formal di sekolah. Waktu belajar
peserta didik di sekolah perlu dioptimalkan agar peningkatan mutu hasil belajar
dapat dicapai terutama dalam pembentukan karakter. Buku ini hadir untuk
mengatasi permasalahan karakter pelajar saat ini. Selain itu juga buku ini
membahas segala aspek pendidikan karakter, mulai dari pengertian, fungsi,
tujuan, prinsip, model penelitian nilai dan etika sampai dengan contoh
implikasinya. Penyusunan buku ini juga berdasarkan hasil kajian yang mendalam
dan telah melalui pengembangan riset yang dilakukan oleh penulis. Aspek-aspek
yang terdapat dalam buku ini telah diimplementasikan di beberapa sekolah yang
menjadi objek penelitian. Buku ini bermanfaat bagi guru, calon guru, orang
tua, juga bagi para penggiat pendidikan
yang sedang berupaya untuk membangun karakter anak bangsa melalui penanaman
nilai dan etika yang dilakukan sejak dini.
Kata kunci: pendidikan karakter, nilai, etika
Alvi Nai'matuz Zulfa | email: alvinaima@gmail.com | ig: alvi.nmtzlf | twitter: nmtzlf