Kami kaji, kami tuliskan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 18 September 2019

Abstrak Buku Menggali Passion Menulis Cerpen dengan Cerpen-Gram - Anggie Indah Putri

1 comments

ABSTRAK

PENG KHENG SUN, LUSI HIDAYATI. 2016. Menggali Passion Menulis Cerpen dengan Cerpen-Gram. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Buku ini bertujuan untuk memaparkan atau mendeskripsikan metode menulis cerpen yaitu metode cerpengram untuk memudahkan penulis pemula menulis cerpen dengan metode yang unik. Buku ini ditujukan kepada para penulis pemula yang memiliki potensi namun terjebak menjadi penulis hebat karena tidak memiliki bekal dengan baik ataupun terjebak dengan teori menulis cerpen yang rumit. Metode cerpengram menguraikan langkah-langkah menulis cerpen mulai dari menentukan topik dan judul cerpen, membuat nama, profil, perilaku tokoh, penampilan fisik tokoh, model pakaian tokoh, menulis pembuka, narasi, penutup, alur cerpen mulai dari perkenalan, konflik, klimaks, antiklimaks, penyesalan, menulis deskripsi suasana khusus, menulis dialog, monolog, deskripsi di mana semuanya berasal dari cerpen-cerpen yang pernah dibaca ataupun hasil dari pemikiran sendiri dan ditulis dalam bentuk tabel yang mudah dipahami. Fungsinya untuk memudahkan saat menulis cerpen karena telah memiliki berbagai alternatif tulisan. Selain itu terdapat teknik lain dalam metode cerpengram ini yaitu dengan mengumpulkan foto dan gambar untuk melatih imajinasi dan mendengarkan seksama lirik lagu favorit. Metode cerpengram tidak saja memberikan tip menulis sederhana dan praktis, namun juga memberi motivasi untuk berpikir imajinatif, belajar tekun dan selektif, serta membawa penulis pemula mampu mengeksplor sesuai langkah-langkah cerpengram. Metode cerpengram terbukti berhasil membuat penulis pemula, guru, mahasiswa yang semula tidak paham menulis cerpen, menjadi tertarik dan menyatakan langkah cerpengram sangat membantu. Buku ini telah dipakai banyak sekolah bahkan perguruan tinggi sebagai buku referensi untuk belajar menulis cerpen.

Kata kunci: menulis, cerpen, cerpengram



Penulis Abstrak:

Anggie Indah Putri | anggieptr6627@gmail.com | instagram: @anggieip 

1 komentar:

  1. Cerpen-gram memang sudah terbukti bisa diandalkan, bahkan bukan hanya untuk menulis cerpen, melainkan juga untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Kini juga sudah ada Cerpen-gram yang membuat orang semakin akrab dengan cerpen sambil bermain.

    BalasHapus