Kami kaji, kami tuliskan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 22 September 2019

Abstrak Buku Kupas Tuntas Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi dan Menjadi Guru Profesional – Amelia Effendy

0 comments

Abstrak



Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Kupas Tuntas Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi dan Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Kata Pena.

Pendidikan adalah gerbang untuk terciptanya sebuah peradaban yang akan membawa manusia pada kondisi yang lebih baik. Dalam dunia pendidikan, peran guru sangat penting, guru adalah seorang pendidik, pembimbing, pelatih, dan pengembangan kurikulum yang dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, sehingga siswa mampu berpikir aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengeksplorasi dan mengelaborasikan kemampuannya.
Pemerintah menyadari betul bahwa kualitas guru akan sangat menentukan keberlangsungan  dunia pendidikan nasional. Oleh karena itu, pemerintah berupaya membuat regulasi untuk membangun pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru menyatakan guru adalah pendidik profesional. Pengakuan guru sebagai pendidik profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui suatu proses sistematik yang disebut sertifikasi. Guru dalam jabatan yang telah memenuhi persyaratan dapat mengikuti sertifikasi melalui : (1) Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung (PSPL), (2) Portofolio (PF), (3) Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), atau (4) Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Dalam buku Kupas Tuntas Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi dan Menjadi Guru Profesional, membahas tentang Sertifikasi Guru dan Program PLPG, Mekanisme Pelaksanaan PLPG yang meliputi dasar hokum, persiapan peserta, materi, instruktur, hingga pelaksanaan uji kompetensi pada akhir PLPG, buku ini juga membahas tentang sertifikasi jalur portofolio.

Kata Kunci, Pendidikan, Guru, Sertifikasi, PLPG.



Amelia Effendy


Abstrak Revisi


Telah direvisi oleh :
Erafika | Suarafika@gmail.com | IG @eragene (Editor utama)
Tabita | Tabitambunan29@gmail.com | IG @tabita_29 (Editor Pendamping)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar