Kami kaji, kami tuliskan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 29 September 2019

Ringkasan Film The Perfect Husband - Bunga Syhafitri

0 comments

The Perfect Husband


 
  


Pengarang       : Sukhdev Sigh

                          Tisa TS

                          Benni Setiawan

                          Indah Riyana (novel)

Sutradara         : Rudi Aryanto

Pemeran          : Dimas Anggara

                          Amanda Rawles

                          Maxime Bouttier

                          Slamet Rahardjo

                          Tanta Ginting

                          Bunga Zaenal

Durasi              : 108 menit

Tanggal Rilis   : 12 April 2018


 
Film ini menceritakan seorang gadis bernama Ayla yang sedang menikmati masa remajanya, dan menikmati kisah cintanya dengan Ando, seorang vokalis band rock. Ayla hanya tinggal bersama ayahnya (Pak Tio) karena ibunya telah lama meninggal, sedangkan kakaknya (Dita) sudah menikah dan ikut bersama suaminya (Eza). Pak Tio merupakan mantan seorang TNI dan ia memiliki sosok sahabat karib semasa bertugas. Sahabatnya itu akrab disapa Pak Yusuf.  Setelah sekian lama tak berjumpa, akhirnya Pak Tio dan Pak Yusuf dipertemukan. Dan kebetulan mereka memiliki  sepasang anak yang sama-sama telah tumbuh dewasa. Pak Tio memiliki seorang putri berparas cantik yang masih menempuh pendidikan sekolah menengah atas, sedangkan pak Yusuf memiliki putra bernama Arsen yang telah sukses menjadi seorang pilot.

Karena telah bersahabat lama, Pak Tio berkeinginan untuk menjodohkan Ayla dengan putra semata wayang Pak Yusuf. Dalam sebuah pertemuan singkat terjadilah perbincangan antara keduanya. Tanpa ragu pak Yusuf langsung menyetujui hal tersebut. Pak Tio sangat yakin terhadap perjodohan ini, karena baginya Arsen merupakan sosok lelaki yang pantas dan dapat membahagiakan putrinya. Atas dasar telah saling mengenal asal usul keluarga keduanya, akhirnya perjodohan ini akan segera dilaksanakan. Agar perjodohan ini cepat terlaksana maka, Pak Yusuf dan Pak Tio mendatangi Arsen untuk membicarakan perihal keinginan baik ini.

Awalnya Arsen terkesan bingung, antara ingin menolak atau bekata dalam hati bahwa perjodohan sudah tidak wajar dilakukan pada zaman sekarang. Namun dengan bijaksana Ayahnya akan menjelaskan alasan perjodohan ini pada lain kesempatan, dan Pak Tio pun tidak memaksakan kehendak, ia hanya mengatakan bekenalan saja dulu dan lihatlah bagaimana seorang putrinya. Setelah mendengar perkataan keduanya Arsen juga tanpa ragu untuk menyetujui hal ini. Akan tetapi Ayla belum mengetahui sama sekali tentang keinginan ayah yang ingin menjodohkan dirinya dengan Arsen. Karena mendapatkan informasi dari Pak Tio bahwa Ayla merupakan tipe yang tidak suka basa basi, maka pada saat datang bertamu untuk pertama kalinya, Arsen langsung mengenalkan dirinya sebagai calon suami Ayla. Lantas Ayla merasa kaget dengan hal ini, ia juga sangat marah terhadap ayahnya. Ayla sangat tidak terima keputusan sang ayah menjodohkan dirinya dengan Arsen. Ayla kesal, karena ia yakin alasan sang Ayah menjodohkannya dengan Arsen, dikarenakan Ando yang dinilai berandal, tatoan, tidak punya masa depan, sehingga membuat Pak Tio resah akan memberikan pengaruh buruk bagi putrinya. Ayahnya pun berusaha untuk mencoba menjelaskan semuanya, tetapi alhasil tetap saja tidak semudah itu bagi Ayla untuk menerimanya. Di sisi lain, Dita kakak Ayla, dan Eza suami Kak Dita, yakin kalau Ando lah alasan sang ayah menjodohkan Ayla dengan Arsen. Ayah juga meminta kepada Kak Dita untuk membujuk Ayla, agar menyetujui perjodohannya dengan Arsen. Akan tetapi Kak Dita merasa serba salah, karena disisi lain Kak Dita mengkhawatirkan jika hubungan yang didasarkan atas keterpaksaan, maka tidak akan berjalan harmonis.

Ayla yang dibesarkan tanpa adanya sosok seorang ibu, membuat dirinya tumbuh menjadi pribadi yang egois berbeda dengan Dita kakanya. Karakter Ayla juga sangat jauh berbeda dengan Arsen. Alya merupakan sosok pribadi yang keras kepala dan menyukai dunia rocker, serta sering mengunjungi barr bersama teman-temanya. Karena telah terbiasa mengikuti pergaulan teman sebayanya, Ayla pun terbiasa dengan gaya hidup yang mewah. Arsen merupakan keturunan bangsawan, ia juga terdidik dari keluarga terhormat, tak heran jika ia memiliki pribadi yang berwibawa serta cenderung selalu menuruti permintaan orang tuanya. Tentu hal ini lah diyakini ayah Alya jika Arsen akan menjadi calon suami yang sempurna bagi Ayla ditambah dengan, Arsen yang merupakan seorang pilot muda akan memberikan masa depan cerah. 

Kecantikan dari paras Alya telah diakui oleh ibu Arsen, tetapi sifat dan tingkah laku Ayla telah membuat kesal ibunya, namun Arsen masih tetap memilih melanjutkan perjodohan ini. Karena Arsen punya alasan kuat kenapa dirinya mau bertahan dan melanjutkan perjodohan yang diminta ayah Ayla. Tetapi Ayla tetap saja berpegang teguh terhadap keinginanya. Ia tetap tidak mau menuruti permintaan ayah tentang perjodohannya dengan Arsen, dan ia lebih memilih pacarnya. Walaupun ketampanan Arsen telah membuat banyak wanita terpesona tetapi Ayla merasa Arsen terlalu tua untuk dirinya. Berbagai cara telah Arsen coba untuk mendapatkan hati Ayla, hingga Arsen juga telah berusaha berdandan ala penyanyi rocker agar disukai Ayla, tapi tetap saja usahanya gagal. Banyaknya usaha yang telah di lakukan Arsen, ternyata lebih banyak lagi ide Ayla agar Arsen tak mampu hingga menyerah dalam mengejar cintanya. Ayla melakukan berbagai cara ini agar Arsen mundur dari perjodohan.  Ternyata dugaan Ayla salah, semakin sering Ayla membuatnya kecewa maka semakin besar juga pengorbanan yang akan Arsen lakukan. Arsen merupakan lelaki yang tidak mudah untuk digoyahkan. Arsen tetap sabar menghadapinya, bahkan segala pengorbanan itu membuatnya memiliki nilai plus di mata Ayla.

Bahkan suatu ketika, Ando berhasil merayu Ayla hingga ingin kabur dan berhenti dari sekolahnya. Namun beruntung Ayla sadar dan dengan cepat menyadari perbuatnnya salah, setelah mendapat kabar kepergian ayahnya. Nampaknya setelah beribu kesabaran yang telah Arsen berikan, Akhirnya hari itu keegoisan Ayla yang tidak menyukai perjodohan ini luntur. Bertepatan setelah ayahnya meninggal ia baru menyadarai bahwa Arsen memang lelaki terbaik pilihan ayah yang dapat membahagiakannya. Ia juga menyesali perbuatannya yang tak pernah menuruti permintaan ayah. Ia juga sangat menyesal karena belum sempat membahagiakan ayahnya. Ayla pun sangat terkejut, setelah membuka sebuah surat rahasia, di surat itu ayahnya menyampaikan mengapa sejak awal ia bersikeras menjodohkan Ayla pada Arsen. Selama ini juga Ayla dan kakaknya tidak mengetahi bahwa ayahnya mengidap penyakit kenker paru-paru stadium 4, semua ini dirasiakan oleh ayahnya dan hanya diketahui oleh Pak Yusuf. Dan ia juga menyampaikan dua permintaan kepada Pak Yusuf. Pertama ia tidak ingin penyakit yang dideritanya diketahui oleh anak-anak nya, karena ia tidak mau anaknya khawatir. Kedua ia akan sangat bahagia jika Ayla dan Arsen dapat bersatu menjalin hubungan keluarga, serta hidup bahagia bersama. Ayah juga sempat mengatakan bahwa hanya Arsen lelaki yang ia percaya dapat menjaga dan selalu membuat tersenyem Ayla. Setelah mengetahui semuanya akhirnya Ayla ingin membahagiakan Ayahnya dengan menikah dengan Arsen. Arsen dan Ayla melangsungkan pernikahan atas dasar cinta yang telah tumbuh diantanya keduanya. Ternyata rasa cinta keduanya telah hadir dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu yang telah banyak dilalui bersama.







Penulis :

Bunga Syhafitri | bungasyhafitri20@gmail.com | Instagram : @bunga syhafitri
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar