ABSTRAK
ADNAN, EVITA. 2016. Perkembangan
Peserta Didik. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Buku ini bertujuan untuk
memfasilitasi kelancaran pelaksanaan perkuliahan Mata Kuliah Dasar Kependidikan
Perkembangan Peserta Didik. Selain menjadi rujukan sumber pengetahuan bagi
calon guru, buku ini juga bermanfaat untuk memberikan bekal semaksimal mungkin
bagi calon pendidik agar dapat melakukan proses pendidikan secara maksimal
dengan cara memahami perkembangan peserta didik dengan baik. Buku ini ditujukan
kepada para pendidik dan calon pendidik, khususnya yang ada di Indonesia.
Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan secata kuantitatif yang berhubungan
dengan jasmani individu. Sementara perkembangan diartikan sebagai perubahan
secara kualitatif yang berhubungan dengan organ jasmaniayah. Dalam dunia
pendidikan dikenal adanya aspek sosial dan aspek emosi yang disebut sebagai
ranah afektif. Bahan ajar ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa untuk dapat
mempelajari hal-hal mendasar yang nantinya akan membantu dalam memahami
perkembangan peserta didik, seperti: pendidikan dan perkembangan peserta didik
dari aspek antropologis dan psikologis, prinsip-prinsip perkembangan,
teori-teori perkembangan, karakteristik perkembangan peserta didik dari
berbagai fase perkembangan, serta topik anak berkebutuhan khusus. Pemahaman
yang baik terhadap perkembangan peserta didik diharapkan dapat membantu
mahasiswa, yang nantinya akan terjun langsung menjadi pendidik, memaksimalkan
potensi peserta didik.
Kata kunci: perkembangan,
pendidik, peserta didik.
Abstrak ini telah direvisi oleh:
Yustika Stevania Silalahi sebagai Editor Utama
Amanda Indah Cecilia sebagai Asisten Editor
Link File Revisi: http://bit.ly/RevisiAbstrak
Abstrak ini telah direvisi oleh:
Yustika Stevania Silalahi sebagai Editor Utama
Amanda Indah Cecilia sebagai Asisten Editor
Link File Revisi: http://bit.ly/RevisiAbstrak