Kami kaji, kami tuliskan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 22 September 2019

Sinopsis Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata oleh Finda Rhosyana

0 comments
IDENTITAS NOVEL


Judul Buku : Orang-Orang Biasa
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Tebal Buku: xii + 300 halaman; 20,5 cm.
Cetakan: Pertama, Maret 2019
ISBN: 978-602-291-524-9

SINOPSIS

     Novel Orang-Orang Biasa bercerita tentang sepuluh sekawan yang berlatar tempat di kampung Belantik. Novel ini mengisahkan persahabatn sepuluh sekawan yang telah terjalin sejak bangku SMA dalam memperjuangkan anak dari salah satu anggota kawanan itu untuk bisa kuliah di Fakultas Kedokteran di Universitas Negeri ternama. Sepuluh sekawan itu beranggotakan Salud, Junilah, Nihe, Sobri, Honorun, Handai, Dinah, Rusip, Tohirin, dan anggota terakhir Debut. Mereka dipersatukan di bangku paling belakang saat sekolah.
     Aini adalah putri sulung Dinah yang lolos tes Fakultas Kedokteran Universitas negeri ternama. Namun sayang, cita-cita itu sempat dikubur dalam-dalam lantaran ia tak bisa membayar uang pendaftaran masuk kuliah sebesar 80 juta. Di sinilah keseruan novel ini dimulai. Ketika Debut cs mempersiapkan rencana perampokan bank yang tak kunjung selesai. Hingga 22 kali rapat, tetapi bukan solusi yang mereka peroleh melainkan menambah masalah. Sebab beberapa hal, perampokan di bank gagal. Namun, akhirnya mereka merampok toko Batu Mulia milik Trio Bastardin. 
    Tak disangka, perampokan di toko Batu Mulia yang tak direncanakan  malah berhasil. Tetapi, kejanggalan terungkap bahwa Trio Bastardin adalah pelaku kasus korupsi. Ia dan komplotannya ditangkap. Uang hasil rampokan 18 milyar yang dilakukan Debut cs pun diserahkan kepada pihak berwajib. Akhir cerita, sepuluh kawanan itu meminjam kepada siapa saja dan menjual barang apa saja yang bisa dijual demi Aini bisa kuliah Fakultas Kedokteran. Kasus perampokan yang gagal di bank hingga kini tak tercium dan tidak meninggalkan barang bukti sekecil apa pun sehingga ini adalah kasus perampokan teraneh di kampung Belantik dan tidak pernah terpecahkan oleh Inspektur.




Identitas/Kontak penulis:
Nama: Finda Rhosyana
IG: find__a
Email: arfiinda@gmail.com
Line: syanafinda
Blog Pribadi: findarhosyana.wordpress.com & a-journalistar.blogspot.com

Sinopsis ini telah direvisi oleh:
Yustika Stevania Silalahi sebagai Editor Utama
Amanda Indah Cecilia sebagai Asisten Editor
Link File Revisi: http://bit.ly/RevisiSinopsis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar